Sabtu, 19 Juni 2010

IT

KATA PENGANTAR


Untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan di bidang teknik computer maka penyusun kali ini menyajikan makalah ini yang berisi pengetahuan keterampilan Microsoft Office Power Point bagi pemula untuk digunakan sebagai panduan.
Makalah ini ditujukan sebagai bahan belajar yang mudah bagi pelajar dan mahasiswa serta masyarakat pada umumnya untuk dapat diterapkan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.
Penulis mengucapkan banyak terima kasih atas terselesainya pembuatan makalah ini. Oleh karena itu kami menerima kritik dan saran yang positif serta membangun untuk penyempurnaan pada makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.



Cirebon Maret 2010


Penulis























BAB I
MENGENAL
MICROSOFT OFFICE POWER POINT 2003


A. Mengenal Microsoft Power Point
Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan karena Microsoft Power Point akan membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi, presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clip art yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan di layer monitor komputer.

B. Menjalankan Microsoft Office Power Point 2003
Langkah-langkah untuk menjalankan Microsoft Office Power Point 2003 adalah sebagai berikut :
1. Klik Start
2. Klik pada pilihan All Program
3. Klik pada pilihan Microsoft Office
4. Klik pada pilihan Microsoft Office Power Point, dilayar akan muncul tampilan slide sebagai berikut






















Gambar 1. Tampilan are kerja MS Power Point

 Menu Bar : Daftar menu yang masing-masing terdiri dari beberapa perintah


 Standart Toolbar : Tools untuk menangani file, menyisipkan objek baik gambar atau grafik

 Formatting Toolbar : Tools yang terdiri dari item yang berhubungan dengan pengaturan huruf atau tulisan
 Slide Sorter View : Menampilkan keseluruhan slide di layar kerja dalam bentuk ukuran kecil
 Slide Show : Menampilkan tayangan sebuah slide
 Drawing Toolbar : Tolls yang terdiri dari item yang berhubungan dengan pembuatan ataupun pengaturan gambar

C. Manipulasi Teks dan Gambar



1. Draw : Mempermudah penempatan dan pengorganisasian objek, misalnya dalam melakukan grouping, ordering, rotate, text wrapping, dll
2. Select Object : Melakukan pilihan terhadap obyek tertentu
3. AutoShapes : Menyediakan berbagai macam pilihan bentuk yang dapat mendukung penyajian presentasi seperti callouts, basic shape, lines,stars and banners, dll.
4. Line : Menggambar garis
5. Arrow : Menggambar tanda panah
6. Rectangle : Menggambar bentuk persegi
7. Oval : Menggambar bentuk oval atau lingkaran
8. Text Box : Membuat serangkaian text
9. Word Art : Membuat efek-efek text yang menarik baik dalam bentuk 2D maupun 3D
10. Insert Clip Art :Menambahkan gambar ke dalam materi presentasi yang sedang dipersiapkan, baik berasal dari default Powerpoint maupun dari file yang kita punya
11. Fill Color : Memberikan pewarnaan terhadap suatu objek tertentu
12. Line Color : Memberikan pewarnaan terhadap garis tepi dari suatu objek
13. Font Color : Memberikan pewarnaan terhadap text yang diseleksi
14. Line Style : Memberikan pilihan ketebalan (dalam ukuran point) terhadap model garis yang dipakai
15. Dash Style : Memberikan pilihan terhadap mode garis yang dipakai
16. Arrow Style : Memberikan pilihan terhadap mode arrow yang dipakai
17. Shadow : Memberikan efek bayangan pada objek yang diseleksi (tidak untuk text)
18. 3-D : Memberikan efek 3 dimensi pada objek yang diseleksi (tidak untuk text)






























BAB II
SLIDE PRESENTASI

A. Membuat Slide Presentasi Baru
Membuat slide presentasi berarti membuat slide baru sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. Tema slide yang anda buat sesuai dengan tema yang akan di presentasikan.
Langkah-langkah untuk membuat slide presentasi adalah sebagai berikut :
1. Klik menu File
2. Klik pada pilihan New, di layer akan muncul tampilan sebagai berikut















Gambar 2. Slide Kosong
Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan dalam membuat teks dalam slide :
1. Membuat judul
Klik pada tulisan “Click to add title” lalu ketikkan judul presentasi
2. Membuat textbox pada click to add text
 Klik icon
 Klik pada bagian dari slide yang ingin ditambahkan tulisan
3. Menggunakan Bullet and Numbering
 Klik area textbox yang ingin menggunakan Bullet andNumbering lalu klik Format > Bullets and Numbering > pilih yang akan digunakan
 Bila telah selesai maka klik di luar area textbox


4. Membuat WordArt
 Klik Insert > Picture > WordArt atau cari icon Insert WordArt pada Drawing Toolbar
 Pilih 1 model kemudian klik OK
 Muncul kotak dialog seperti gambar 3 di bawah ini, lalu ketikkan tulisan yang diinginkan lalu klik OK













Gambar 3. Kotak dialog WordArt

5. Menampilkan gambar
 Klik Insert > Picture lalu pilih Clip Art bila gambar yang ingin digunakan adalah gambar yang disediakan oleh Microsoft Office atau pilih From File bila ingin menggunakan gambar koleksi pribadi (untuk memilih akan muncul kotak dialog open kemudian cari lokasi filenya sampai ditemukan filenya)
 Atur sesuai keinginan lalu klik di bagian lain slide yang tidak ada gambar tersebut
6. Memberikan Background
 Klik kanan pada bagian slide yang kosong
 Pilih Background
 Muncul kotak dialog berikut






 Pilih More Colors dengan menklik drop down untuk mengatur warna yang diinginkan
 Pilih Fill Effect dengan menklik drop down untuk mengatur efek yang diinginkan dengan memilih pola gradient/texture/pattern yang diinginkan
 Pilih Apply untuk memberi background pada 1 lembar slide yang sedang dipilih itu saja atau Apply to All untuk memberi background pada seluruh slide
7. Menambah Slide Presentasi
 Klik icon pada formatting toolbar
 Pilih salah satu tipe slide yang diinginkan
8. Menghapus Slide Presentasi
 Pilih Slide yang akan dihapus dengan cara mengklik slide tersebut pada Outline Slide
 Tekan Delete pada Keyboard
9. Memberi Animasi
 Klik kanan text atau objeknya
 Klik Custom Animation
 Pilih effects untuk memberikan animasi pada text atau objek yang diinginkan dengan memilih pada icon
 Setelah memilih efek yang diinginkan maka akan nampak sbb:


















10. Menambahkan Slide Transition
 Klik bagian slide di luar textbox lalu klik kanan pilih Slide Transition atau klik Slide Show pada Menu Bar lalu pilih Slide Transition
 Lalu pilih jenis yang diinginkan pada tiap slide
 Sesuaikan komponen lainnya seperti pada pemberian animasi

B. Membuat table
1. Tabel Kolom
Sebelum membuat table kolom persiapkan terlebih dahulu kolom-kolomnya, langkahnya adalah sebagai berikut :
 Klik Insert pada Menu Bar lalu pilih table
 Isikan jumlah baris dan kolom tabel yang akan dibuat pada kotak dialog yang muncul







2. Untuk melakukan pengesetan lebih lanjut terhadap tabel yang ada dapat dilakukan dengan men-“double click” tabel tersebut atau mengklik kanan pada bagian garis tabel tersebut dan memilik “Borders and Fill”















3. Membuat diagram
 Klik Insert pada Menu Bar lalu pilih chart
 Secara otomatis akan nampak tampilan sebagai berikut :














 Perubahan terhadap nama, jumlah, maupun data-data lain hanya dengan mengganti isi dari tabel pada Datasheet tersebut dan secara otomatis diagramnya akan ikut berubah mengikuti data pada table Datasheet
 Bila sudah selesai klik di luar area Datasheet maka akan diperoleh grafik yang diinginkan (untuk mengeditnya kembali dapat dilakukan dengan me-“double click” diagram tersebut)
 Untuk melakukan pengaturan lainnya dapat dilakukan dengan mengklik kanan bagian-bagian diagram sehingga tampilannya akan dapat disesuaikan sesuai keinginan
 3D View (untuk mengatur posisi chart secara keseluruhan)
 Chart Type (untuk mengatur jenis diagram yang diinginkan)
 Chart Option (untuk pemberian nama sumbu, legenda, label)
4. Menambahkan file video
 Klik Insert pada Menu Bar lalu klik Movies and Sounds lalu pilih yang diinginkan
 Setelah memilih file maka akan keluar kotak dialog apakah ingin movie langsung dijalankan atau harus di klik terlebih dahulu maka
 pilihlah sesuai kebutuhan
5. Membuat Hyperlink
 Klik kanan bagian yang ingin di Hyperlink lalu pilih Hyperlink
 Isikan alamat tujuan yang ingin dituju
6. Menampilkan Slide (Slide Show)
 Klik icon Slide Show
 Hasil slide-slide yang telah dibuat akan ditampilkan sesuai dengan mapa yang telah diatur
 Untuk keluar dari Slide Show tekan End Show
C. New From Design Template
Keunggulan yang ditawarkan Design Template ini adalah kemudahan pemilihan background mengingat di sini disediakan berbagai pilihan template background yang dapat dipergunakan untuk menghiasi slide. Tampilan yang ada bila memilih New From Design Template :


















Pada sebelah kanan nampak pilihan templates background yang telah disediakan oleh Microsoft Power Point yang dapat langsung dipergunakan sebagai background presentasi. Biasanya background yang tersedia disediakan untuk 2 bagian yakni slide judul dan juga slide isi.Pilih salah satu template yang diinginkan dengan mengklik-nya. Setelah itu kita juga dapat mengganti warnawarna yang ditawarkan dengan menggantinya pada Color Schemes dan jug mengganti animasi yang ada dengan mengganti pada Animation Schemes. Sedangkan cara mengisi slide-nya sama dengan cara mengisi slide kosong.

D. Import Outline dari Document Word
Dalam melakukan import terhadap Outline maka syarat yang harus terpenuhi adalah kesiapan file Outline itu sendiri maksudnya file yang akan dimasukkan telah dibuat dengan menggunakan microsoft word dan file tersebut tidak dalam keadaan sedang diakses.
Caranya :
1. Buat file word yang ingin dimasukkan
2. Posisikan kursor pada slide sebelum slide yang akan disisipkan
3. Klik menu Insert pilih Slide From Outline
4. Muncul dialog Insert Outline lalu cari file yang ingin disisipkan lalu klik insert
5. Outline akan tersisip akan tetapi masih memerlukan beberapa penyesuaian mengingat tiap bagian file yang menggunakan enter dianggap sebagai slide baru. Penyesuaian akan dilakukan dengan bantuan promote, demote, move up dan juga move down.























DAFTAR PUSTAKA

1. Christian Alfian. 2000. Desain Objek dengan Corel Drow 9. PT Elex Media Komputindo : Jakarta.
2. John J Longkutoy, Drs. 1986. Pengantar Komputer,Penerbit Mutiara sumber Widjaya.
3. Abdul rojak, Kupas Tuntas Power Point 2003, 2004, Surabaya, Indah































MAKALAH





Diajukan sebagai salah satu presentasi mata kuliah
Teknologi Informasi (IT) dalam Pendidikan oleh
Dosen dr. Hj. Liza, M.Pd.I


Program Studi : Psikologi Pendidikan Islam
Semester : 1 (satu)













Disusun Oleh : Kelompok 1
Mohamad Usman
Abdul Kholik
Sri Fauziah



PASCASARJANA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
TAHUN 2010

Tidak ada komentar: